Jumat, 07 Juni 2013

Silabus Bahasa Jawa Kelas 7 semester 1




SILABUS
Sekolah                            :     SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Jawa
Kelas/ Semester               :     VII/ I

Standar Kompetensi      :     Mendengarkan
1.  Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
1.1   Menemukan isi/ pesan dongeng
Menyimpulkan isi/ pesan
-      Mendengarkan dongeng
-      Menuliskan pokok-pokok cerita
-      Membuat ringkasan cerita
-      Menyimpulkan isi dan pesan
-      Mampu menunjukkan pokok-pokok cerita
-      Mampu menyusun ringkasan cerita
-      Mampu menyarikan pokok-pokok cerita menjadi isi cerita
-      Mampu menunjukkan pesan yang tersirat dalam dongeng
Tes tulis

Tes Uraian

-       Tulislah pokok-pokok cerita
-       Tulislah ringkasan cerita
-       Tentukan isi dan pesan cerita
2 x 40
Kaset/ CD, dongeng, majalah, buku dongeng
1.2   Memberikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
Memberikan tanggapan
-      Mendengarkan dongeng
-      Menyimpulkan isi dan pesan dongeng
-      Mendiskusikan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
-      Menuliskan tanggapan
-      Mampu menemukan isi dan pesan yang didengarkan dari radio/ tape recorder/ VCD/ televisi
-      Mampu menuliskan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
Tes tulis


Tugas rumah
-       Dengarkan dongeng kemudian tentukan isi dan pesan yang tersirat
-       Diskusikan dengan teman kelompokmu dan berikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
2 x 40
Kaset/ CD
televisi/ radio
Standar Kompetensi      :     Berbicara
2.  Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
2.1  Berwawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama
Cara berwawancara dan implementansi-nya
-      Mendengarkan keterangan tentang etika berwawancara
-      Menetukan topik wawancara
-      Menentukan nara sumber
-      Membuat daftar pertanyaan
-      Melakukan wawancara
-      Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
-      Mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
-      Mampu melakukan wawancara dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama

Tes tulis


Tes unjuk kerja



Tes uraian


Tes simulasi

-        Buatkah daftar pertanyaan untuk wawancara
-        Lakukan wawancara dengan nara sumber (Guru harus melihat langsung kegiatan wawancara)
4 x 40
Buku teks Nara sumber Rekaman










Standar Kompetensi      :     Membaca
3.  Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai tehnik

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
3.1   Mengungkapkan isi Guritan dengan cara membaca ekspresif

Membaca indah Guritan
-      Mengamati model pembacaan guritan dan mendiskusikan isi guritan, teknik membaca ekspresif guritan
-      Menandai penjedaan pembacaan guritan lain
-      Berlatih membaca ekspresi guritan
-      Membaca ekspresif Guritan dengan menggunakan irama, volume suara, mimik dan kinestik sesuai dengan isi guritan (interpretasi)
-      Mampu menandai penjedaan dalam guritan yang akan dibacakan
-      Mampu membaca ekspresif guritan

Observasi




Lembar observasi

-        Guritan yang akan dibaca sudah ditandai penjedaannya ya/ tidak
-        Ketepatan memberikan penjedaan baik/ cukup/ kurang
-        Irama, volume, mimik baik, cukup, kurang
4 x 40
Teks guritan buku referensi, majalah, buku teks
3.2 Menemukan pokok pikiran dengan cara membaca cepat 50 kata per menit
Menyimpulkan isi teks
-      Membaca cepat dengan waktu tertentu
-      Mengukur kecepatan membaca diri sendiri dan teman
-      Membaca cepat dengan target 50 kata per menit
-      Menjawab pertanyaan
-      Menyimpulkan isi teks
-      Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan orang lain
-      Mampu menjawab pertanyaan dengan minimal ketepatan 75%
-      Mampu menyimpulkan isi teks
Observasi


Tes tulis


Tes tulis

Lembar observasi

Tes isian/ pilihan ganda
Tes uraian

-        Bacalah teks dan kemudian ukur kecepatan membacamu
-        Jawablah pertanyaan berikut ini !

-        Tulislah isi bacaan dalam beberapa kalimat
4 x 40
Teks bacaan, majalah, buku teks

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
Melagukan tembang dolanan sesuai dengan titi larasnya
Nembang dolanan
-      Memperhatikan model lelagon tembang dolanan
-      Membaca titi laras tembang dolanan
-      Melagukan tembang dolanan
-      Mampu membaca titi laras tembang.
-      Mampu melagukan tembang dolanan sesuai dengan titi larasnya
Observasi

Lembar Observasi
-        Bacalah titi laras tembang dolanan ini !
-        Lagukan cakepan tembang dolanan ini sesuai dengan titi larasnya
4 x 40
Kaset/ CD,
Buku referensi, Buku teks















Standar Kompetensi      :     Menulis
4.    Menungkapkan pikiran, perasaan, dan gagasan dalam bentuk narasi sederhana dan mengungkapkan berbagai informasi dengan huruf latin dan huruf Jawa

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen
Mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
Menyusun paragraf
-      Mengamati contoh pengembangan pokok pikiran menjadi paragraf
-      Mendiskusikan cara-cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
-      Menentukan beberapa pokok pikiran yang saling berhubungan
-      Mengembangkan pokok-pokok pikiran menjadi paragraf-paragraf
-      Mampu menjelaskan cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf

-      Mampu menyusun kerangka karangan sederhana berupa beberapa kalimat pokok pikiran
-      Mampu mengembangkan beberapa pokok pikiran menjadi paragraf-paragraf hingga berupa karangan sederhana
Tes tulis



Tes tulis



Tes unjuk kerja
Tes uraian



Tes uraian



Uji petik kerja produk
-       Terangkan cara mengembangkan pokok pikiran menjadi paragraf
-       Buatlah beberapa pokok pikiran berupa kerangka karangan

-       Kembangkan kerangka karangan menjadi karangan sederhana
2 x 40
Buku referensi, buku teks,
majalah

Menulis kalimat dengan huruf Jawa
Menulis dengan huruf Jawa
-      Menyusun kalimat berita huruf latin
-      Menyalin kalimat huruf latin ke huruf Jawa
-      Mampu menyusun kalimat berita
-      Mampu menyusun kalimat berita dengan huruf Jawa
Tes tulis
Tes uraian
-       Buatlah beberapa kalimat berita dan salinlah dengan huruf Jawa
2 x 40
Buku referensi, buku teks

Mengetahui

Kepala SMPN 2 Mejayan
Guru Mata Pelajaran




SYAMSUDI, S.Ag
ANANG DWI W., S.Pd
NIP. -
NIP. -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar