SILABUS
Sekolah : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/ Semester : VII/ I
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Mengapresiasi
dongeng yang diperdengarkan
KompetensiDasar |
MateriPokok |
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Menemukan
isi/ pesan dongeng
|
Menyimpulkan isi/ pesan
|
-
Mendengarkan dongeng
-
Menuliskan pokok-pokok cerita
-
Membuat ringkasan cerita
-
Menyimpulkan isi dan pesan
|
-
Mampu menunjukkan pokok-pokok cerita
-
Mampu menyusun ringkasan cerita
-
Mampu menyarikan pokok-pokok cerita
menjadi isi cerita
-
Mampu menunjukkan pesan yang tersirat
dalam dongeng
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
-
Tulislah pokok-pokok cerita
-
Tulislah ringkasan cerita
-
Tentukan isi dan pesan cerita
|
2 x 40
|
Kaset/ CD,
dongeng, majalah, buku dongeng
|
1.2 Memberikan
tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
|
Memberikan tanggapan
|
-
Mendengarkan dongeng
-
Menyimpulkan isi dan pesan dongeng
-
Mendiskusikan relevansi isi dan pesan
dongeng dengan situasi sekarang
-
Menuliskan tanggapan
|
-
Mampu menemukan isi dan pesan yang didengarkan
dari radio/ tape recorder/ VCD/ televisi
-
Mampu menuliskan tanggapan relevansi
isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
|
Tes tulis
|
Tugas rumah
|
-
Dengarkan dongeng kemudian tentukan
isi dan pesan yang tersirat
-
Diskusikan dengan teman kelompokmu dan
berikan tanggapan relevansi isi dan pesan dongeng dengan situasi sekarang
|
2 x 40
|
Kaset/ CD
televisi/ radio
|
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan
berbagai informasi melalui wawancara
KompetensiDasar |
MateriPokok |
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Berwawancara
dengan nara sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama
|
Cara berwawancara dan implementansi-nya
|
- Mendengarkan keterangan tentang
etika berwawancara
-
Menetukan topik wawancara
-
Menentukan nara sumber
-
Membuat daftar pertanyaan
-
Melakukan wawancara
- Mencatat pokok-pokok hasil
wawancara
|
- Mampu membuat daftar pokok-pokok
pertanyaan untuk wawancara
-
Mampu melakukan wawancara dengan nara
sumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan tata krama
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes
uraian
Tes simulasi
|
-
Buatkah daftar pertanyaan untuk
wawancara
-
Lakukan wawancara dengan nara sumber
(Guru harus melihat langsung kegiatan wawancara)
|
4 x 40
|
Buku teks Nara sumber Rekaman
|
Standar Kompetensi : Membaca
3. Membaca
ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai tehnik
KompetensiDasar |
MateriPokok |
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Mengungkapkan isi Guritan dengan
cara membaca ekspresif
|
Membaca indah Guritan
|
- Mengamati model pembacaan guritan
dan mendiskusikan isi guritan, teknik membaca ekspresif guritan
-
Menandai penjedaan pembacaan guritan lain
-
Berlatih membaca ekspresi guritan
-
Membaca ekspresif Guritan dengan
menggunakan irama, volume suara, mimik dan kinestik sesuai dengan isi guritan
(interpretasi)
|
-
Mampu menandai penjedaan dalam guritan
yang akan dibacakan
-
Mampu membaca ekspresif guritan
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
-
Guritan yang akan dibaca sudah
ditandai penjedaannya ya/ tidak
-
Ketepatan memberikan penjedaan baik/
cukup/ kurang
-
Irama, volume, mimik baik, cukup,
kurang
|
4 x 40
|
Teks
guritan buku referensi, majalah, buku teks
|
3.2 Menemukan
pokok pikiran dengan cara membaca cepat 50 kata per menit
|
Menyimpulkan isi teks
|
-
Membaca cepat dengan waktu tertentu
-
Mengukur kecepatan membaca diri
sendiri dan teman
-
Membaca cepat dengan target 50 kata
per menit
-
Menjawab pertanyaan
-
Menyimpulkan isi teks
|
-
Mampu mengukur kecepatan membaca untuk
diri sendiri dan orang lain
-
Mampu menjawab pertanyaan dengan
minimal ketepatan 75%
-
Mampu menyimpulkan isi teks
|
Observasi
Tes tulis
Tes tulis
|
Lembar observasi
Tes isian/ pilihan ganda
Tes uraian
|
-
Bacalah teks dan kemudian ukur
kecepatan membacamu
-
Jawablah pertanyaan berikut ini !
-
Tulislah isi bacaan dalam beberapa
kalimat
|
4 x 40
|
Teks bacaan,
majalah, buku teks
|
KompetensiDasar |
MateriPokok |
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Melagukan
tembang dolanan sesuai dengan titi larasnya
|
Nembang dolanan
|
-
Memperhatikan model lelagon tembang
dolanan
-
Membaca titi laras tembang dolanan
-
Melagukan tembang dolanan
|
-
Mampu membaca titi laras tembang.
-
Mampu melagukan tembang dolanan sesuai
dengan titi larasnya
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
-
Bacalah titi laras tembang dolanan ini
!
-
Lagukan cakepan tembang dolanan ini
sesuai dengan titi larasnya
|
4 x 40
|
Kaset/ CD,
Buku
referensi, Buku teks
|
Standar Kompetensi : Menulis
4. Menungkapkan pikiran, perasaan,
dan gagasan dalam bentuk narasi sederhana dan mengungkapkan berbagai informasi
dengan huruf latin dan huruf Jawa
KompetensiDasar |
MateriPokok |
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Mengembangkan
pokok pikiran menjadi paragraf
|
Menyusun paragraf
|
-
Mengamati contoh pengembangan pokok
pikiran menjadi paragraf
-
Mendiskusikan cara-cara mengembangkan
pokok pikiran menjadi paragraf
-
Menentukan beberapa pokok pikiran
yang saling berhubungan
-
Mengembangkan pokok-pokok pikiran
menjadi paragraf-paragraf
|
-
Mampu menjelaskan cara mengembangkan
pokok pikiran menjadi paragraf
-
Mampu menyusun kerangka karangan
sederhana berupa beberapa kalimat pokok pikiran
-
Mampu mengembangkan beberapa pokok
pikiran menjadi paragraf-paragraf hingga berupa karangan sederhana
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
-
Terangkan cara mengembangkan pokok
pikiran menjadi paragraf
-
Buatlah beberapa pokok pikiran berupa
kerangka karangan
-
Kembangkan kerangka karangan menjadi
karangan sederhana
|
2 x 40
|
Buku
referensi, buku teks,
majalah
|
Menulis kalimat dengan huruf Jawa
|
Menulis dengan huruf Jawa
|
-
Menyusun kalimat berita huruf latin
-
Menyalin kalimat huruf latin ke huruf Jawa
|
-
Mampu menyusun kalimat berita
-
Mampu menyusun kalimat berita dengan
huruf Jawa
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
-
Buatlah beberapa kalimat berita dan
salinlah dengan huruf Jawa
|
2 x 40
|
Buku referensi, buku teks
|
Mengetahui
|
|
Kepala SMPN 2 Mejayan
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
SYAMSUDI, S.Ag
|
ANANG DWI W., S.Pd
|
NIP. -
|
NIP. -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar