SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : I
Standar Kompetensi :
Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan
bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Membaca kalimat berhuruf jawa
|
1.
Mampu membaca kata dengan penerapan
setiap sanhangan panyigeg
2.
Mampu membaca dan melafalkan bacaan
berhuruf jawa dengan lancar.
3.
Mampu menyalin ke dalam huruf latin
dengan benar.
4.
Mampu menjawab pertanyaan bacaan
dengan huruf Jawa
|
Wacana jawa bersandangan
panyigeg
|
1.
Membaca kata dengan penerapan setiap sanhangan
panyigeg
2. Membaca dan melafalkan bacaan
berhuruf jawa dengan lancar.
3.
Menyalin ke dalam huruf latin dengan
benar.
4.
Menjawab pertanyaan bacaan dengan
huruf Jawa
|
Tertulis dan lisan
|
Praktek
|
Wacanen aksara jawa iki kanthi lancar!
Kalatinana
aksara Jawa iki!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : I
Standar Kompetensi :
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai
jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Menulis poster atau iklan
|
1. Mampu merencanakan isi poster
/iklan
2. Mampu menulis poster atau iklan
3.
Mampu memberikan nuansa estetis
poster/iklan
4. Mampu memparafrasekan poster/iklan
|
Poster/ iklan
|
1. Merencanakan isi poster/iklan
2. Menulis poster atau iklan
3. Memberikan nuansa estetis
poster/iklan
4. Memparafrasekan poster/iklan
|
Tertulis
|
Essay
|
Gawea tuladha iklan/ pariwara kanthi tema bebas!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 1
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi : Mampu mendengarkan dan memahami
berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Mendengarkan dan memahami
percakapan dalam berbagai kegiatan di sekolah dan di rumah/masyarakat tentang
tempat umum
|
1. Mampu mengungkapkan isi percakapan
secara lisan maupun tulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.
Mampu mengajukan dan menjawab
pertanyaan sesuai dengan konteks pembicaraan.
|
Percakapan
tentang tempat umum
(Ejaan
bhs Jawa)
|
1.
Mengungkapkan isi percakapan secara
lisan maupun tulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.
Mengajukan dan menjawab pertanyaan
sesuai dengan konteks pembicaraan.
|
Tugas kelompok
|
Praktek
|
Coba kaandharna isi pacelathon mau!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 2
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar
Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara l isan melalui
berbicara, bertelepon dan berdialog
dalamberbagai
ragam bahasa Jawa dengan ungah-ungguh basa yang sesuai.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Bercerita
tentang tema tertentu menggunakan ragam ngoko, krama atau
dialek
|
1. Menyusun kerangka topik cerita
2.
Mengembangkan kerangka topik cerita
menjadi konsep teks cerita
3. Bercerita sesuai dengan teks yang
disusun.
4. Menilai cerita teman dengan memberi
alasan penilaian
5. Menjawab pertanyaan yang terkait
dengan cerita
|
Cerita Tentang Hiburan ragam ngoko
|
1. Menyusun kerangka topik cerita
2.
Mengembangkan kerangka topik cerita
menjadi konsep teks cerita
3. Bercerita sesuai dengan teks yang
disusun.
4. Menilai cerita teman dengan memberi
alasan penilaian
5. Menjawab pertanyaan yang terkait
dengan cerita
|
Tugas individu
|
Praktek
|
Gawea
crita bab kasenenganmu kanthi migunakake basa krama alus!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 3
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan
bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Membaca pemahaman bacaan sastra (cerita
kethoprak) atau bacaan nonsastra dengan tema tertentu
|
1. Mampu membaca wacana dengan
lafal,intonasi dan ejaan yang benar.
2.
Mampu menyebutkan unsur intrinsik
sastra/isi bacaan
3. Mampu membuat rangkuman isi bacaan
4. Mampu menceriterakan kembali isi
bacaan
|
Bacaan kethoprak
/nonsastra
(Tembg saroja)
|
1. Mampu membaca wacana dengan
lafal,intonasi dan ejaan yang benar.
2.
Mampu menyebutkan unsur intrinsik
sastra/isi bacaan
3. Mampu membuat rangkuman isi bacaan
4. Mampu menceriterakan kembali isi
bacaan
|
Tes individu
|
Praktek
|
1. Sebutna unsur
intrinsike wacan mau!
2. Critakna maneh isi wacan mau kanthi migunakake basa
krama alus!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 4
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar
Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara l isan melalui
berbicara, bertelepon dan berdialog
dalam berbagai
ragam bahasa Jawa dengan ungah-ungguh basa yang sesuai.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Berdialog dengan menggunakan ragam
bahasa yang sesuai
|
1. Menentukan kerangka topik dialog.
2. Mengembangkan topik dialog menjadi
teks dialog
3.
Melakukan dialog sesuai dengan teks
yang dibuat.
4.
Memberikan penilaian dialog dengan
memberi alasan
5.
Menjawab pertanyaan yang terkait
dengan dialog
|
Dialog
(Rura basa)
|
1. Menentukan kerangka topik dialog.
2. Mengembangkan topik dialog menjadi
teks dialog
3.
Melakukan dialog sesuai dengan teks
yang dibuat.
4.
Memberikan penilaian dialog dengan
memberi alasan
5.
Menjawab pertanyaan yang terkait
dengan dialog
|
Tugas kelompok
|
Praktek
|
Gawea
pacelathon miturut unggah-ungguh kang isine kowe sakancamu silaturahmi ing
daleme gurumu!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 5
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan
bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Membaca
paragraf sederhana berhuruf Jawa
|
1.
Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa
dengan lancar.
2.
Mampu menunjukkan kalimat yang
dimaksud dalam bacaan
3. Mampu menyalin ke dalam huruf latin.
4. Mampu menjawab pertanyaan bacaan
dengan huruf Jawa
|
Wacana berhuruf Jawa bersan
dangan wyan
jana
|
1. Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa
dengan lancar.
2.
Mampu menunjukkan kalimat yang
dimaksud dalam bacaan
3. Mampu menyalin ke dalam huruf latin.
4. Mampu menjawab pertanyaan bacaan
dengan huruf Jawa
|
Tes individu
|
Praktek
|
Wacanen aksara jawa iki kanthi bener lan lancar!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 6
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai
jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Menulis karangan
|
1. Mampu menyusun kerangka topik
karangan
2.
Mampu melengkapi kalimat rumpang pada
karangan
3. Mampu menyusun kalimat efektif
4.
Mampu mengembangkan topik karangan
menjadi karangan
5.
Mampu menyusun karangan dengan
kesesuaian topik dan isi karangan serta tata tulis yang tepat.
6. Mampu menjelaskan isi karangan yang
ditulis
|
Kalimat efektif/
Karangan
(Ejaan bhs Jawa)
|
1. Mampu menyusun kerangka topik
karangan
2.
Mampu melengkapi kalimat rumpang pada
karangan
3. Mampu menyusun kalimat efektif
4.
Mampu mengembangkan topik karangan
menjadi karangan
5.
Mampu menyusun karangan dengan
kesesuaian topik dan isi karangan serta tata tulis yang tepat.
6. Mampu menjelaskan isi karangan yang
ditulis
|
Tugas individu
|
Praktek
|
Gawea
cengkorongan karangan kanthi tema “paseduluran”, sawise kuwi mekarna
cengkorongan mau dadi wacan mawa basa ngoko!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 7
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam
bahasa jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Mendengarkan dan memahami berita
yang disiarkan melalui radio/televisi/atau media lain.
|
1. Mampu menyimak berita dari media
yang disampaikan
2.
Mampu menyebutkan ide gagasan utama
berita yang didengarkan.
3. Mampu menjelaskan isi berita baik
secara lesan maupun tertulis.
4.
Mampu memberi tanggapan isi
berita dengan argumentasi yang logis.
|
Berita
(Tembung Saroja)
|
1. Mampu menyimak berita dari media
yang disampaikan
2.
Mampu menyebutkan ide gagasan utama
berita yang didengarkan.
3. Mampu menjelaskan isi berita baik
secara lesan maupun tertulis.
4.
Mampu memberi tanggapan isi
berita dengan argumentasi yang logis.
|
Tugas individu
|
Praktek
|
Semaken berita abasa Jawa ing Semarang TV!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 8
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan
bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Membaca indah tembang macapat
megatruh
|
1. Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang
megatruh
2. Mampu membaca titilaras tembang
megatruh
3. Mampu menembangkan tembang
megatruh sesuai dengan titilaras yang tepat.
4. Mampu memparafrasekan tembang
megatruh.
5. Mampu menjawab pertanyaan tembang
megatruh.
|
Tem
bang megat
ruh
|
1. Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang
megatruh
2. Mampu membaca titilaras tembang
megatruh
3. Mampu menembangkan tembang
megatruh sesuai dengan titilaras yang tepat.
4. Mampu memparafrasekan tembang
megatruh.
5. Mampu menjawab pertanyaan tembang
megatruh.
|
Tes individu
|
Praktek
|
1.Sebutna titikane tembang megatruh!
2.Gawea gancarane tembang megatruh!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Wonosegoro, 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSUDI, S.Ag
|
Guru Mata Pelajaran
ANANG DWI W, S.Pd
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 9
Nama
Sekolah : SMP NU 2
Wonosegoro
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai
jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Menulis paragraf sederhana berhuruf
Jawa
|
1. Mampu menyebutkan kegunaan sandhangan
wyanjana
2.
Mampu melengkapi kalimat rumpang
dengan kata bersandhangan wyanjana
3. Menulis paragraf huruf latin
menjadi huruf Jawa.
|
Teks huruf
latin yang mengandung sand wyanja
na
|
1
Mampu menyebutkan kegunaan sandhangan wyanjana
2
Mampu melengkapi kalimat rumpang
dengan kata bersandhangan wyanjana
3
Menulis paragraf huruf latin menjadi huruf Jawa.
|
Tes individu
|
Praktek
|
Sebutna
gunane sandhangan wyanjana!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 10
Nama
Sekolah : SMP Negeri
6 Pati
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar
Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara l isan melalui
berbicara, bertelepon dan berdialog
dalamberbagai
ragam bahasa Jawa dengan ungah-ungguh basa yang sesuai.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Bercerita
tentang tema tertentu menggunakan ragam ngoko, krama, atau dialek
|
1
Menyusun kerangka topik cerita
2
Mengembangkan kerangka topik cerita
menjadi konsep teks cerita
3
Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
4
Menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian
5
Menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
|
Cerita Tentang Pertanian ragam krama
|
1
Menyusun kerangka topik cerita
2
Mengembangkan kerangka topik cerita
menjadi konsep teks cerita
3
Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
4
Menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian
5
Menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
|
Tugas individu
|
Praktek
|
Gawea crita abasa krama kanthi tema bab tetanen!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 11
Nama
Sekolah : SMP Negeri
6 Pati
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan
bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Membaca
paragraf sederhana berhuruf Jawa
|
1
Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa
dengan lancar.
2
Mampu menunjukkan kalimat yang
dimaksud dalam bacaan
3
Mampu menyalin ke dalam huruf
latin.
4
Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
|
Wacana
berhuruf Jawa penerapan pasangan
-(Bebasan)
|
1
Membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.
2
Menunjukkan kalimat yang dimaksud
dalam bacaan
3
Menyalin ke dalam huruf latin.
4
Menjawab pertanyaan bacaan dengan
huruf Jawa
|
Tes individu
|
Praktek
|
Wacanen
wacana mawa aksara jawa iki kanthi trep lan lancar!
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 12
Nama
Sekolah : SMP N 1
Tlogowungu
Mata
Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas : VII
Semester : II
Standar Kompetensi :
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai
jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
Menulis dialog sesuai unggah-ungguh.
|
1
Mampu menulis kerangka topik dialog berupa tokoh, isi dialog
2
Mampu mengembangkan kerangka topik
menjadi teks dialog
3
Mampu menunjukkan teknik menulis
dialog yang tepat.
4
Mampu merevisi penulisan dialog dengan
tepat.
|
Menulis dialog
|
1.
Menulis kerangka topik dialog berupa
tokoh, isi dialog
2.
Mengembangkan kerangka topik menjadi
teks dialog
3.
Menunjukkan teknik menulis dialog yang
tepat.
4. Merevisi penulisan dialog dengan
tepat.
|
Tugas kelompok
|
Praktek
|
Gawea
pacalathon miturut unggah-ungguh1
|
2 jam pel.
|
KBJ
kelas VII
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar