Jumat, 07 Juni 2013

Silabus Bahasa Jawa kelas 7 semester 2



SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : I
Standar Kompetensi              : Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan bacaan berhuruf Jawa

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca kalimat berhuruf jawa 
1.      Mampu membaca kata dengan penerapan setiap sanhangan panyigeg
2.      Mampu membaca dan melafalkan bacaan berhuruf jawa dengan lancar.
3.      Mampu menyalin ke dalam huruf latin dengan benar.
4.      Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
Wacana jawa bersandangan panyigeg
1.      Membaca kata dengan penerapan setiap sanhangan panyigeg
2.      Membaca dan melafalkan bacaan berhuruf jawa dengan lancar.
3.      Menyalin ke dalam huruf latin dengan benar.
4.      Menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
Tertulis dan lisan

Praktek
Wacanen aksara jawa iki kanthi lancar!
Kalatinana aksara Jawa iki!
2 jam pel.
KBJ kelas VII



Wonosegoro,                      2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag

Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : I
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai    unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis poster atau iklan
1.      Mampu merencanakan isi poster /iklan
2.      Mampu menulis poster atau iklan
3.      Mampu memberikan nuansa estetis poster/iklan
4.      Mampu memparafrasekan poster/iklan



Poster/ iklan
1.      Merencanakan isi poster/iklan
2.      Menulis poster atau iklan
3.      Memberikan nuansa estetis poster/iklan
4.      Memparafrasekan poster/iklan



Tertulis
Essay
Gawea tuladha iklan/ pariwara kanthi tema bebas!
2 jam pel.
KBJ kelas VII



Wonosegoro,                    2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 1
Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mendengarkan dan memahami percakapan dalam berbagai kegiatan di sekolah dan di rumah/masyarakat tentang tempat umum
1.      Mampu mengungkapkan isi percakapan secara lisan maupun tulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.      Mampu mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks pembicaraan.
Percakapan tentang tempat umum
(Ejaan bhs Jawa)
1.      Mengungkapkan isi percakapan secara lisan maupun tulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
2.      Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks pembicaraan.
Tugas kelompok

Praktek
Coba kaandharna isi pacelathon mau!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,               2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 2
Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara l isan melalui berbicara, bertelepon dan berdialog
  dalamberbagai ragam bahasa Jawa dengan ungah-ungguh basa yang sesuai.


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bercerita tentang tema tertentu menggunakan ragam ngoko, krama atau dialek
1.      Menyusun kerangka topik cerita
2.      Mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita
3.      Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
4.      Menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian
5.      Menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
Cerita Tentang Hiburan ragam ngoko
1.      Menyusun kerangka topik cerita
2.      Mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita
3.      Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
4.      Menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian
5.      Menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
Tugas individu

Praktek
Gawea crita bab kasenenganmu kanthi migunakake basa krama alus!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,                    2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 3
Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan bacaan berhuruf Jawa

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca pemahaman bacaan sastra (cerita kethoprak) atau bacaan nonsastra dengan tema tertentu
1.      Mampu membaca wacana dengan lafal,intonasi dan ejaan yang benar.
2.      Mampu menyebutkan unsur intrinsik sastra/isi bacaan
3.      Mampu membuat rangkuman isi bacaan
4.      Mampu menceriterakan kembali isi bacaan

Bacaan kethoprak
/nonsastra
 (Tembg saroja)
1.      Mampu membaca wacana dengan lafal,intonasi dan ejaan yang benar.
2.      Mampu menyebutkan unsur intrinsik sastra/isi bacaan
3.      Mampu membuat rangkuman isi bacaan
4.      Mampu menceriterakan kembali isi bacaan

Tes individu

Praktek
1.      Sebutna unsur intrinsike wacan mau!
2.      Critakna maneh isi wacan mau kanthi migunakake basa krama alus!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,                 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd






SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 4
Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara l isan melalui berbicara, bertelepon dan berdialog
  dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan ungah-ungguh basa yang sesuai.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Berdialog dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai
1.      Menentukan kerangka  topik dialog.
2.      Mengembangkan topik dialog menjadi teks dialog
3.      Melakukan dialog sesuai dengan teks yang dibuat.
4.      Memberikan penilaian dialog dengan memberi alasan
5.      Menjawab pertanyaan yang terkait dengan dialog

Dialog
(Rura basa)
1.      Menentukan kerangka  topik dialog.
2.      Mengembangkan topik dialog menjadi teks dialog
3.      Melakukan dialog sesuai dengan teks yang dibuat.
4.      Memberikan penilaian dialog dengan memberi alasan
5.      Menjawab pertanyaan yang terkait dengan dialog

Tugas kelompok

Praktek
Gawea pacelathon miturut unggah-ungguh kang isine kowe sakancamu silaturahmi ing daleme gurumu!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,               2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 5

Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan bacaan berhuruf Jawa


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca paragraf sederhana berhuruf Jawa
1.      Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.
2.      Mampu menunjukkan kalimat yang dimaksud dalam bacaan
3.      Mampu menyalin ke  dalam huruf latin.
4.      Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
Wacana berhuruf Jawa bersan
dangan wyan
jana
1.      Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.
2.      Mampu menunjukkan kalimat yang dimaksud dalam bacaan
3.      Mampu menyalin ke  dalam huruf latin.
4.      Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
Tes individu

Praktek
Wacanen aksara jawa iki kanthi bener lan lancar!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,                         2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 6

Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai    unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis karangan
1.      Mampu menyusun kerangka topik karangan
2.      Mampu melengkapi kalimat rumpang pada karangan
3.      Mampu menyusun kalimat efektif
4.      Mampu mengembangkan topik karangan menjadi karangan
5.      Mampu menyusun karangan dengan kesesuaian topik dan isi karangan serta tata tulis yang tepat.
6.      Mampu menjelaskan isi karangan yang ditulis
Kalimat efektif/
Karangan
(Ejaan bhs Jawa)
1.      Mampu menyusun kerangka topik karangan
2.      Mampu melengkapi kalimat rumpang pada karangan
3.      Mampu menyusun kalimat efektif
4.      Mampu mengembangkan topik karangan menjadi karangan
5.      Mampu menyusun karangan dengan kesesuaian topik dan isi karangan serta tata tulis yang tepat.
6.      Mampu menjelaskan isi karangan yang ditulis
Tugas individu

Praktek
Gawea cengkorongan karangan kanthi tema “paseduluran”, sawise kuwi mekarna cengkorongan mau dadi wacan mawa basa ngoko!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,                    2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 7

Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mendengarkan dan memahami berita yang disiarkan melalui radio/televisi/atau media lain.
1.      Mampu menyimak berita dari media yang disampaikan
2.      Mampu menyebutkan ide gagasan utama berita yang didengarkan.
3.      Mampu menjelaskan isi berita baik secara lesan maupun tertulis.
4.      Mampu memberi tanggapan isi berita  dengan argumentasi yang logis.
Berita
(Tembung Saroja)
1.      Mampu menyimak berita dari media yang disampaikan
2.      Mampu menyebutkan ide gagasan utama berita yang didengarkan.
3.      Mampu menjelaskan isi berita baik secara lesan maupun tertulis.
4.      Mampu memberi tanggapan isi berita  dengan argumentasi yang logis.
Tugas individu

Praktek
Semaken berita abasa Jawa ing Semarang TV!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,                  2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 8

Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan bacaan berhuruf Jawa

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca indah tembang macapat megatruh
1.      Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang megatruh
2.      Mampu membaca titilaras tembang megatruh
3.      Mampu menembangkan tembang megatruh sesuai dengan titilaras yang tepat.
4.      Mampu memparafrasekan tembang megatruh.
5.      Mampu menjawab pertanyaan tembang megatruh.
Tem
bang megat
ruh
1.      Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang megatruh
2.      Mampu membaca titilaras tembang megatruh
3.      Mampu menembangkan tembang megatruh sesuai dengan titilaras yang tepat.
4.      Mampu memparafrasekan tembang megatruh.
5.      Mampu menjawab pertanyaan tembang megatruh.
Tes individu

Praktek
1.Sebutna titikane tembang megatruh!
2.Gawea gancarane tembang megatruh!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


Wonosegoro,                   2012
Mengetahui
Kepala Sekolah




SYAMSUDI, S.Ag


Guru Mata Pelajaran




ANANG DWI W, S.Pd




SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 9

Nama Sekolah                      : SMP NU 2 Wonosegoro
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai    unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis paragraf sederhana berhuruf Jawa
1.      Mampu menyebutkan kegunaan sandhangan wyanjana
2.      Mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kata bersandhangan wyanjana
3.      Menulis paragraf huruf latin menjadi huruf Jawa.
Teks huruf latin yang mengandung sand wyanja
na
1        Mampu menyebutkan kegunaan sandhangan wyanjana
2        Mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kata bersandhangan wyanjana
3        Menulis paragraf huruf latin menjadi huruf Jawa.
Tes individu

Praktek
Sebutna gunane sandhangan wyanjana!
2 jam pel.
KBJ kelas VII


















SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 10

Nama Sekolah                      : SMP Negeri 6 Pati
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan secara l isan melalui berbicara, bertelepon dan berdialog
  dalamberbagai ragam bahasa Jawa dengan ungah-ungguh basa yang sesuai.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bercerita tentang tema tertentu menggunakan ragam ngoko, krama, atau dialek
1        Menyusun kerangka topik cerita
2        Mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita
3        Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
4        Menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian
5        Menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
Cerita Tentang Pertanian ragam krama
1        Menyusun kerangka topik cerita
2        Mengembangkan kerangka topik cerita menjadi konsep teks cerita
3        Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
4        Menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian
5        Menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
Tugas individu

Praktek
Gawea crita abasa krama kanthi tema bab tetanen!
2 jam pel.
KBJ kelas VII
















SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 11

Nama Sekolah                      : SMP Negeri 6 Pati
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu membaca bacaan sastra, non sastra dalam berbagai teknik membaca dan bacaan berhuruf Jawa


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca paragraf sederhana berhuruf Jawa
1        Mampu membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.
2        Mampu menunjukkan kalimat yang dimaksud dalam bacaan
3        Mampu menyalin ke  dalam huruf latin.
4        Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
Wacana berhuruf Jawa penerapan pasangan
-(Bebasan)
1        Membaca bacaan berhuruf Jawa dengan lancar.
2        Menunjukkan kalimat yang dimaksud dalam bacaan
3        Menyalin ke  dalam huruf latin.
4        Menjawab pertanyaan bacaan dengan huruf Jawa
Tes individu

Praktek
Wacanen wacana mawa aksara jawa iki kanthi trep lan lancar!
2 jam pel.
KBJ kelas VII
















SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN 12


Nama Sekolah                      : SMP N 1 Tlogowungu
Mata Pelajaran                      : Bahasa Jawa
Kelas                                                : VII
Semester                               : II
Standar Kompetensi              : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa jawa sesuai    unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.


Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis dialog sesuai unggah-ungguh.
1        Mampu menulis kerangka topik dialog berupa tokoh, isi dialog
2        Mampu mengembangkan kerangka topik menjadi teks dialog
3        Mampu menunjukkan teknik menulis dialog yang tepat.
4        Mampu merevisi penulisan dialog dengan tepat.
Menulis dialog

1.      Menulis kerangka topik dialog berupa tokoh, isi dialog
2.      Mengembangkan kerangka topik menjadi teks dialog
3.      Menunjukkan teknik menulis dialog yang tepat.
4.      Merevisi penulisan dialog dengan tepat.
Tugas kelompok

Praktek
Gawea pacalathon miturut unggah-ungguh1
2 jam pel.
KBJ kelas VII



Tidak ada komentar:

Posting Komentar