Senin, 10 Juni 2013

SKL UN SMP/MTs



KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A.  KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1
Membaca dan memahami berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
2.
Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Menulis rangkuman.
Menulis teks berita sesuai konteks Menulis slogan
sesuai konteks.
Menulis iklan sesuai konteks.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Menulis teks pidato.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi pantun.
Melengkapi puisi.
Melengkapi naskah drama.

 
1.   BAHASA INDONESIA SMP/MTs


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk  narrative.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
2.
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
membuat paragraf yang padu dan bermakna.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
2.
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linier dua variabel.
3.
Memahami bangun datar, bangun
ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-
garis istimewa pada segitiga.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR


Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
4.
Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
5.
Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan  sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat
yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
pada kondisi tertentu.
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
4.
Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
Menjelaskan  sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Memahami konsep kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam
kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-
kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator.
6.
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat
perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul
sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.


NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
8.
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-
sifat, dan perubahannya.
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
9.
Mendeskripsikan bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya
bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta
pengaruhnya bagi tubuh manusia.
10.
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
11.
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
12.
Menjelaskan sistem organ pada
manusia.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim
yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
13.
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan.
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-
percobaan tentang proses tersebut.
14.
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi
alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar