KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING
(Membaca)
Memahami makna
dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks
kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks fungsional pendek
berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation.
|
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu /informasi
rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau pesan moral/tujuan
komunikatif dalam
teks berbentuk narrative.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama
paragraf/informasi
tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna
kata/frasa atau tujuan komunikatif
dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING
(Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional
pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun
report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi
teks
rumpang bentuk
recount/narrative sederhana.
|
Menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi
teks
rumpang bentuk
descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan
susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan
susunan kalimat yang tepat untuk
membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan
konsep operasi hitung
dan
sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika
sosial,
barisan bilangan, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
bilangan
berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau
koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
barisan
bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi
bentuk aljabar,
konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan,
relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan
linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
|
||
Menentukan
gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan
linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun
datar, bangun
ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
keliling
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua
garis, besar dan jenis sudut, serta
sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
garis-
garis istimewa
pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian
lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan
atau kongruensi.
|
||
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau
jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.
|
4.
|
Memahami konsep
dalam statistika,
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau
penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep
peluang suatu
kejadian serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu
kejadian.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan
menggunakan alat ukur yang
sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau
penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor
serta
kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau
penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan
pengaruh suhu terhadap pemuaian
zat
yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran kalor dalam proses
perubahan
suhu atau
penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar
mekanika
(gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran fisis pada usaha atau
energi
pada kondisi
tertentu.
|
||
Menentukan
penerapan pesawat sederhana dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada
suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep
dan
penerapan,
getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan
besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan
dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep
kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
gejala listrik statis dalam
penerapan
kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
besaran-besaran listrik dinamis
dalam
suatu
rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besarnya energi atau daya listrik
dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
||
Menjelaskan
cara pembuatan magnet dan kutub-
kutub yang
dihasilkan.
|
||
Menjelaskan
peristiwa induksi elektromagnetik
atau
penerapannya
pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan
proses yang
terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan
fenomena alam yang terjadi akibat
perubahan suhu
atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan produk kimia
sehari-hari.
|
Mengidentifikasi
atom, ion, unsur, atau molekul
sederhana
serta penggunaannya pada produk kimia dalam
kehidupan sehari-hari.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
8.
|
Mendeskripsikan
klasifikasi zat, sifat-
sifat, dan
perubahannya.
|
Menjelaskan
sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan
hasil percobaan.
|
Menjelaskan
perubahan fisika atau kimia
berdasarkan
hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia dalam
kehidupan
sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia
dan lingkungan.
|
Menjelaskan
bahan kimia dan dampak negatifnya
bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta
pengaruhnya
bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan
komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan,
serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
Menjelaskan
usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi
manusia
dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan
sistem organ pada
manusia.
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan
sistem pencernaan dan enzim-enzim
yang berperan
pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem gerak pada manusia/penyakit
yang
berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi/reproduksi pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan
sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan
respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui
percobaan-
percobaan
tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan
konsep
pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan
hidup dan pewarisan sifat pada organisme
serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk
hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi
alam dalam
kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
||
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar